Demi Bisa Bersaing di MotoGP, KTM Berniat Lakukan Uji Coba Mesin Terbaru

0

Perancang mesin tim KTM yakni Kurt Trieb mengungkapkan bahwa akan butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk mendapatkan mesin ‘Big-Bang’ yang kompetitif bagi RC16. Sebelumnya pada tes pramusim dan juga race perdana di Qatar, KTM menjadi satu-satunya tim balap di kelas MotoGP yang menggunakan mesin ‘Screamer’ setelah Honda memilih untuk beralih ke Big-Bang.

Trieb juga menjelaskan bahwa timnya terus melakukan eksperimen dengan jumlah crankshaft inersia yang berbeda-beda, seperti mengubah distribusi berat, dan mencoba pengaturan pada pengiriman daya mesin. “Jika grip pada ban terlalu rendah, maka akan menjadi sebuah masalah ketika para pembalap keluar dari tikungan.” ucap Trieb seperti dilaporkan oleh speedweek.

“Kami telah mencoba crankshafts yang berbeda namun sejauh in belum berhasil. Kami akan kembali bekerja pada jalur ini dan kemudian menemukan solusinya.” lanjutnya.

“Anda akan membutuhkan crankshafts dan camshaft yang baru. Saya kira perlu tiga bulan, selain itu kami juga butuh komponen internal lainnnya. Mesin Big-Bang menghasilkan getaran dan beban yang lebih besar, memaksa kami mendesain ulang.”

Kedua rider mereka yakni Pol Espargaro dan Bradley Smith meraih finish ke-16 dan 17 pada balapan malam hari tersebut. Diakui pula oleh Pol Espargaro jika timnya perlu mencoba mesin Big-Bang yang lebih halus soal power mesin, terlebih setelah dirinya menggambarkan RC16 layaknya ‘banteng liar’.

Namun keputusan untuk beralih ke mesin Big-Bang sepertinya baru akan dibuat setelah KTM mencoba beberapa bagian baru pada tes Jerez bulan depan.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website GoMotoGP.