Davide Brivio Beberkan Alasan Suzuki Batal Memiliki Tim Satelit Pada Musim Depan

0

Manager tim Suzuki, Davide Brivio menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan membentuk tim satelit pada musim balap 2018 mendatang, menyusul minimnya anggaran dana yang disediakan oleh perusahaan di industri balap motor.

Suzuki adalah perusahaan otomotif yang besar, namun anggaran yang digelontorkan untuk balapan tidaklah tinggi. Membuat tim satelit jelas akan menghabiskan banyak dana dan juga sumber daya lainnya.” ungkap Davide Brivio seperti dikutip dari motorsport.com.

“Untuk saat ini perkembangan kami sedang berada dalam zona ‘siaga’. Jika kami memaksakan untuk membuat tim satelit, kami takut sumber daya yang dialokasikan ke tim tersebut dapat menyebabkan masalah pada tim pabrikan ataupun masalah-masalah lainnya.”

Kendati demikian, eks Manager tim Yamaha tersebut menilai pembentukan tim satelit juga memiliki dampak positif, salah satunya dalam masalah pengumpulan data. Adapun beberapa tim satelit yang menunggu teken kontrak untuk musim depan seperti LCR, Marc VDS, dan Pramac. Sementara untuk tim Aprilia dan KTM juga telah mengutarakan minat mereka untuk membentuk tim satelit.

“Dua motor ekstra di tim satelit memang berdampak positif dalam mendapatkan data-data penting. Namun Suzuki sendiri tidak pernah memiliki tim satelit dan saya khawatir sumber dana penuh dari perusahaan yang dialokasikan untuk MotoGP akan bermasalah.” sambung Brivio.

Musim ini tim Suzuki menorehkan catatan yang kurang gemilang dibandingkan dengan musim 2016. Dua rider mereka yaitu, Andrea Iannone dan Alex Rins tidak mampu berbicara banyak di lintasan. Iannone sendiri saat ini berada di urutan ke-15 klasemen dengan mengemas 15 poin, sementara Rins yang musim ini menjalani debut sebagai rookie justru berkutat dengan cidera lengan.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.