Danilo Petrucci Beberkan Penyebab Rider MotoGP Kalah Dari WSBK Saat Tes Jerez

0

Jonathan Rea menjadi wakil dari pembalap WSBK tercepat pada sesi tes tertutup yang digelar di sirkuit Jerez kemarin. Torehan catatan waktunya 1 menit 721 detik bahkan mengalahkan catatan waktu pole position milik Valentino Rossi di bulan April lalu. Hanya Alvaro Bautista yang mampu membayangi pembalap WSBK tersebut di posisi kedua.

Meskipun hanya tes semata saja yang dilakukan oleh para pembalap, namun hal tersebut jelas menimbulkan sebuah pertanyaan. Mengapa motor jalanan WSBK mampu mengalahkan motor prototipe MotoGP ?

Danilo Petruci selaku pembalap tim Pramac Ducati menjelaskan bahwa faktor ban adalah salah satu penyebab mengapa catatan waktu para pembalap MotoGP bisa dikalahkan. Untuk kejuaraan Superbike sendiri para pembalapnya menggunakan ban dari produsen Pirelli yang memang dikhususkan untuk produksi massal.

Perbedaannya terletak pada kemampuan ban Pirelli saat menghadapi keadaan suhu di aspal yang lebih rendah / dingin lebih baik daripada produsen ban lainnya. Ditambah lagi dengan layout sirkuit Jerez yang pendek – pendek tentu saja memanjakan para pembalap Superbike.

Hal berbeda justru terjadi dengan ban Michelin ataupun Bridgestone. Kedua jenis ban tersebut memang dirancang untuk balapan. Ketika ban telah mencapai suhu maksimal dan menyatu dengan aspal maka para pembalap MotoGP mampu lebih cepat catatan waktunya bila dibandingkan dengan pembalap Superbike.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.