News

Daftar Nama Pembalap MotoGP 2019 Line-Up Rider Sementara

Daftar Nama Pembalap MotoGP 2019 Line-Up Rider Sementara

Proses transfer antar pembalap di musim balap kali ini banyak menghadirkan kejutan. Dimulai dari bergabungnya Jorge Lorenzo ke tim Repsol Honda dimana tidak terendus kabar tersebut sama sekali. Sebelumnya, Lorenzo sendiri santer diberitakan pindah ke tim Suzuki dengan bantuan sponsor Monster Energy namun pada akhirnya hal tersebut tidak terealisasi.

Kemudian keputusan yang mengejutkan hadir dari Dani Pedrosa yang secara resmi memilih untuk hengkang dari tim Honda. Bahkan kabar terkini menyatakan bahwa sang Spaniard justru memilih jalan pensiun di akhir musim 2018 nanti. Namun jika kabar tersebut tidaklah benar, maka tim satelit bisa menjadi salah satu alternatif bagi Pedrosa untuk tetap bisa eksis di kelas para raja.

Nasib serupa juga dialami oleh beberapa pembalap yang belum menerima kejelasan atas kontraknya, diantaranya seperti Bradley Smith, Thomas Luthi, Jack Miller, Takaaki Nakagami, Alvaro Bautista, dan Tito Rabat.

Selanjutnya ada Andrea Iannone yang memutuskan untuk pindah dari tim Suzuki ke Aprilia dengan durasi kontrak musim 2019-2020. Iannone meninggalkan tim asal Hamamatsu, tim yang sudah ia bela selama 2 musim dengan persembahan 2 podium.

Sepeninggal Iannone ke Aprilia, pabrikan Suzuki sudah mengumumkan siapa rider yang cocok menggantikan The Maniac. Joan Mir yang penampilannya begitu gemilang di race Le Mans dan Mugello akhirnya didapuk sebagai pembalap kedua yang mengisi line-up tim Suzuki musim 2019-2020

Line-Up Sementara Rider MotoGP 2019

Tim Pembalap Kontrak
Repsol Honda Marc Marquez 2020
Jorge Lorenzo 2020
Movistar Yamaha Valentino Rossi 2020
Maverick Vinales 2020
Ducati Corse Andrea Dovizioso 2020
Danilo Petrucci 2019
Suzuki Ecstar Alex Rins 2020
Joan Mir 2020
Red Bull KTM Johann Zarco 2020
Pol Espargaro 2020
Marc VDS Honda Franco Morbidelli 2019
Thomas Luthi 2018
LCR Honda Cal Crutchlow 2019
Takaaki Nakagami 2018
Pramac Ducati Francesco Bagnaia 2020
Jack Miller 2018
Aspar Ducati Alvaro Bautista 2018
Karel Abraham 2018
Aprilia Gresini Aleix Espargaro 2020
Andrea Iannone 2020
Tech3 KTM Miguel Oliveira 2019
Hafizh Syahrin 2019
Avintia Ducati Tito Rabat 2018
Xavier Simeon 2019

Selain itu transfer pembalap yang juga tidak kalah mengejutkan hadir dari rider Prancis, Johann Zarco. Sempat digadang-gadang bakal menjadi rider pabrikan Yamaha, pemegang 2 kali gelar juara dunia Moto2 tersebut akhirnya memutuskan bercerai dengan tim garpu tala dan menerima pinangan tim KTM.

Pindahnya Zarco juga diikuti oleh pembalap rookie musim ini yaitu Hafizh Syahrin yang resmi dikontrak oleh tim Tech3 KTM. Nantinya Syahrin akan bertandem dengan rider Moto2 yang musim depan naik ke kelas MotoGP, Miguel Oliveira.

Berbicara tentang Oliveira yang akhirnya naik kasta, hal serupa juga dialami oleh pembalap asal Italia yakni Danilo Petrucci yang akhirnya dipercaya oleh Ducati untuk menggantikan posisi Lorenzo di tim pabrikan. Petrucci akan berkolaborasi dengan rekan senegaranya, Andrea Dovizioso.

Tim LCR Honda rupa-rupanya masih mempercayakan Cal Crutchlow sebagai rider utama mereka. Sementara untuk Takaaki Nakagami belum ada kepastian yang jelas apakah masih dipertahankan atau tidak.

Sementara itu tidak ada perubahan yang terjadi di tim Yamaha Movistar. Pabrikan asal Iwata tersebut tetap mengandalkan duet mereka sebelumnya yakni Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Kedua pembalap lintas generasi tersebut sudah lebih dulu merampungkan kontrak mereka sejak awal musim.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.