Crew Chief Yamaha Beberkan Sebab Menurunnya Performa Maverick Vinales

0

Kendati sempat mengawali musim dengan nilai sempurna, pembalap tim Yamaha, Maverick Vinales justru gagal menutup paruh musim pertama dengan hasil yang manis.

Pemilik nomor balap 25 tersebut harus puas berada di urutan kedua klasemen MotoGP 2017 sementara musim ini dengan selisih 5 angka dari Marc Marquez yang berada di posisi teratas.

Vinales mampu mempecundangi lawannya dengan meraih dua kemenangan beruntun di Grand Prix Qatar dan Argentina yang menjadi dua seri di awal musim. Namun sayang tren positifnya harus berakhir saat mentas di lintasan Austin, Amerika. Vinales tersungkur keluar lintasan pada awal-awal lap dan gagal meraup poin penuh.

Kesialan Vinales pun berlanjut ke dua seri Spanyol yakni Grand Prix Jerez dan Catalunya. Meski pada akhirnya meraih kemenangan di balapan Prancis, mantan rider tim Suzuki tersebut kembali mendapatkan status DNF untuk kedua kalinya saat ia berlaga di GP Assen, Belanda.

Melihat performa pasang-surut yang ditunjukkan oleh pembalapnya, Crew Chief Yamaha yaitu Wilco Zeelenberg menilai ban Michelin menjadi biang keladi mengapa prestasi Vinales tidak konsisten.

“Di awal musim kami dan para kompetitor memiliki masalah, namun semenjak seri Jerez semuanya berubah untuk Yamaha. Vinales tidak memiliki daya cengkram yang baik pada ban depan dan belakangnya. Hal itulah yang membuatnya hanya mampu finish keenam.” kata Wilco Zeelenberg dilansir dari Speedweek.

“Kami sudah mencoba segala macam cara untuk mengembalikan kembali performa Vinales seperti di awal musim namun Michelin masih sama saja. Tanpa adanya daya cengkram yang bagus kami tidak bisa berbuat apa-apa.” seru mantan kepala mekanik Jorge Lorenzo.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.