GP Jerman 2016 : Cal Crutchlow Persembahkan Podium Perdana Bagi LCR Honda

0

Salah satu hal menarik yang mewarnai balapan flag to flag di Jerman Minggu kemarin adalah kemampuan Cal Crutchlow mempersembahkan podium bagi LCR Honda. Padahal pembalap jebolan British Super Sport tersebut cukup kewalahan mengawali babak kualifikasi.

Cal Crutchlow gagal tampil maksimal dalam sesi kualifikasi hingga akhirnya Ia harus membalap dari posisi ke-13. Apalagi saat race di kabarkan dalam keadaan trek basah, semakin membuat pesimis timnya ketika itu.

Namun Crutchlow sukses mnjadikan kemustahilan tersebut sebagai kesempatan baginya untuk melakukan hal yang berbeda. Ketika balapan berlangsung Crutchlow menggunakan tipe ban Hard yang cukup baik untuk menjaga keseimbangannya di awal race yang benar-benar basah.

“Entah kenapa saya mampu bertahan di delapan lap pertama. Namun saya sadar bahwa pilihan ban Hard lah alasannya. Meski sulit untuk meningkatkan kecepatan tapi pilihan itu mampu membuat saya tetap dalam keadaan aman”, ujar Cal Crutchlow.

Selanjutnya saat memasuki pit lane tim LCR Honda memberikannya kombinasi ban Slick. Sama halnya dengan repsol honda, LCR membuat pilihan yang tepat ketika trek mulai mengering. Hasilnya, Cal Crutchlow melaju dengan sangat kencang hingga mencapai finish.

Balapan trek basah yang mewarnai MotoGP Jerman 2016 akan menjadi catatan menarik bagi tim satelit LCR Honda yang sukses menorehkan podium perdananya lewat Cal Crutchlow. Keberhasilan ini juga menjadi bukti akan kemampuan tim satelit bersaing dengan pabrikan.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.