Benarkah Valentino Rossi Lebih Baik Daripada Lorenzo di Musim Pertama Bersama Ducati?

0

Sudah 9 seri atau paruh musim pertama telah dilalui oleh para rider dikompetisi MotoGP 2017 musim ini. Juara bertahan musim lalu yaitu Marc Marquez sukses untuk sementara waktu menjadi pemuncak klasemen berkat kemenangannya di GP Sachsenring, Jerman.

Tambahan 25 angka berhasil membawa namanya naik ke peringkat pertama setelah sebelumnya berada di urutan ke-4. Selain kembalinya perfoma Marc Marquez setelah mengalami beberapa hasil lomba yang buruk, ada hal lainnya yang sedikit menarik terkait pencapaian rider MotoGP di tim baru mereka.

Kita kesampingkan Maverick Vinales yang sudah jelas tampil impresif diatas motor Yamaha, motor yang notebene mudah dikendalikan.

Bagaimana jika berbicara mengenai tim Ducati dengan rider barunya Jorge Lorenzo dimana Desmosedici sudah sejak jaman dahulu dikenal sebagai kuda besi yang susah untuk ditaklukkan. Bahkan rider sekelas Valentino Rossi, sosok pemegang 7 kali gelar juara dunia di kelas premier pun tak sanggup menjinakkannya.

Setelah 9 musim lamanya bernaung di tim Yamaha, Por Fuera menghebohkan jagad MotoGP dengan berpihak kepada tim Ducati. Terlebih keinginan untuk bisa menjadi juara dunia bersama merek pabrikan berbeda semakin menggebu-gebu guna membuktikan kepada dunia bahwa dirinya tidak kalah dari Rossi.

Lantas, bagaimana perbandingan poin Lorenzo dengan Rossi pasca Grand Prix Sachsenring di musim pertama mereka? Lihat di tabel bawah berikut ini:

Valentino Rossi Jorge Lorenzo
Qatar – Finish ke-7 (9 poin) Qatar – Finish ke-11 (5 poin)
Jerez – Finish ke-5 (11 poin) Argentina – DNF
Estoril – Finish ke-5 (11 poin) Austin – Finish ke-9 (7 poin)
Le Mans – Finish ke-3 (16 poin) Jerez – Finish ke-3 (16 poin)
Catalunya – Finish ke-5 (11 poin) Le Mans Finish ke-6 (10 poin)
Silverstone – Finish ke-6 (10 poin) Mugello – Finish ke-8 (8 poin)
Assen – Finish ke-4 (13 poin) Catalunya – Finish ke-4 (13 poin)
Mugello – Finish ke-6 (10 poin) Assen – Finish ke-15 (1 poin)
Sachsenring – Finish ke-9 (7 poin) Sachsenring – Finish ke-11 (5 poin)
Total: 98 Total: 65
Berdasarkan tabel diatas, Valentino Rossi memang tampil lebih unggul bila dibandingkan Jorge Lorenzo diatas motor Desmosedici dalam debut pertama mereka. Namun terlepas tanpa memihak siapapun serta mengingat race masih menyisakan 9 balapan lagi (225 poin), Lorenzo yang biasanya tampil lebih kuat di paruh musim kedua bisa dipastikan mendulang poin lebih banyak kali ini.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.