News

Benarkah MotoGP 2018 Menjadi Musim Terakhir Sirkuit Sachsenring?

Benarkah MotoGP 2018 Menjadi MusimTerakhir Sirkuit Sachsenring?

Kabar mengejutkan datang dari sirkuit Sachsenring, Jerman melalui ADAC selaku pemilik hak atas sirkuit tersebut yang menjelaskan bahwa balapan di Jerman musim 2018 ini akan menjadi balapan terakhir. Benarkah?

Dikutip dari laman Crash.net, ADAC telah memutus hubungan kontrak dengan pihak manajemen sirkuit Sachsenring terhitung mulai musim 2019 nanti. Itu artinya balapan di MotoGP Jerman pada tanggal 15 Juli mendatang akan menjadi arena pertarungan terakhir bagi para rider.

Namun pihak sirkuit sendiri masih berusaha untuk berkomunikasi dengan pihak Dorna Sport selaku penyelenggara event. Di sisi lain, ADAC juga masih terikat kontrak dengan Dorna hingga musim 2021.

“Atas nama RM Sachsenring-Rennstrecken-Management GmbH selaku pengelola sirkuit mengatakan bahwa balapan di Sachsenring telah dibatalkan oleh ADAC Munich terhitung pada musim 2019 mendatang.”

Itu artinya ADAC sendiri harus segera mencari pengganti sirkuit yang terkenal dengan salah satu tikungan berjuluk ‘The Waterfall’ tersebut andai masih ingin menggelar balapan di Jerman.

Padahal sebelumnya sirkuit Sachsenring baru saja menjalin kerjasama dengan salah satu merek tim balap MotoGP, Pramac sebagai salah satu sponsor utama sirkuit.

“Baik manajemen sirkuit ataupun pemegang saham tentu saja masih ingin bekerja sama agar balapan di Jerman tetap digelar seterusnya di Sachsenring. Untuk itulah kami akan terus berdiskusi dengan Dorna Sport.” ucap pernyataan tersebut.

Sirkuit Sachsenring bisa dibilang merupakan salah satu sirkuit paling kompleks dan cukup rumit, yang mana terdiri dari 10 tikungan ke kiri dan 3 tikungan ke kanan sehingga menjadi tantangan besar bagi setiap pembalap untuk bisa menaklukkan sirkuit tersebut.

Race lamban namun menantang itupun berhasil dimenangkan oleh pembalap tim Repsol Honda yakni Marc Marquez pada musim 2017 yang lalu usai mengalahkan rider tuan rumah, Jonas Folger.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.