Ban Depan Kemungkinan Jadi Penyebab Jatuhnya Vinales dalam GP Amerika

0

Usai sesi latihan bebas dan kualifikasi, sorotan banyak mengarah kepada Maverick Vinales yang memang berpeluang menjadi pesaing kuat Marc Marquez di Amerika. Namun apa hendak dikata, rider yamaha tersebut harus pasrah dengan status DNF nya pasca tergelincir ke luar arena.

Saat balapan baru akan memasuki lap ketiga, juara GP Qatar dan Argentina tersebut kehilangan kontrol atas ban depan yang membuatnya terjatuh. Memang insidennya terlihat aneh, pasalnya Vinales tidak sedang berpacu dalam kecepatan tinggi ataupun terlibat overtake dengan rider lain.

Namun disitulah tantangan para pembalap di era Michelin ini. Kita ingat ketika Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengalami hal yag serupa saat melakoni seri MotoGP Argentina beberapa waktu lalu. Isu ban depan memang memiliki peranan penting dan krusial.

Vinales sendiri belum bisa menjelaskan bahkan merasa aneh dengan kecelakaan yang menimpanya. “benar-benar sebuah kecelakaan yang aneh. Saya melakukan hal yang sama ditikungan tersebut baik saat latihan bebas maupun kualifikasi.”

“Namun akhirnya saya harus terjatuh. Saya rasa kami memiliki masalah dengan ban depan. Sebab sejak awal race berlangsung saya merasa ada yang beda dengan bagian depan.” Ungkap Vinales.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.