Balapan MotoGP Valencia: Marc Marquez Raih Juara Dunia MotoGP 2017

0

No

Pembalap

Tim

1Dani PEDROSARepsol Honda
2Johann ZARCOYamaha Tech 3
3Marc MARQUEZRepsol Honda
4Alex RINSSuzuki Ecstar
5Valentino ROSSIMovistar Yamaha
6Andrea IANNONESuzuki Ecstar
7Jack MILLERMarc VDS
8Cal CRUTCHLOWLCR Honda
9Michele PIRRODucati Team
10Tito RABATMarc VDS
11Bradley SMITHRed Bull KTM
12Maverick VINALESMovistar Yamaha
13Danilo PETRUCCIOCTO Pramac
14Karel ABRAHAMAspar Team
15Hector BARBERAAvintia Racing
16Loris BAZAvintia Racing
17Michael VAN DER MARKYamaha Tech 3
Not ClassifiedPol ESPARGARORed Bull KTM
-Andrea DOVIZIOSODucati Team
-Jorge LORENZODucati Team
-Sam LOWESAprilia Racing
-Alvaro BAUTISTAAspar Team
-Scott REDDINGOCTO Pramac
-Aleix ESPARGAROAprilia Racing
-Mika KALLIORed Bull KTM

Meskipun gagal keluar sebagai juara podium pada balapan MotoGP Valencia, Spanyol 2017, Marc Marquez yang sempat melebar keluar lintasan dan kembali melanjutkan balapan akhirnya mampu finish di urutan ketiga.

Tambahan 16 poin mengantarkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez sebagai pemuncak klasemen akhir musim ini dengan total poin 298 sekaligus memastikan gelar juara dunia MotoGP 2017 kembali ke garasi Tim Honda.

Tambahan gelar juara dunia musim ini, secara keseluruhan Mar Marquez telah mengoleksi empat gelar di kelas MotoGP, serta masing-masing satu gelar di kelas Moto2 dan 125cc. Dengan demikian, Marquez telah memiliki total enam gelar di semua kelas.

Sempat memimpin beberapa lap diawal balapan, Marquez berhasil di salip oleh Johann Zarco yang tampil memukau pada balapan kali ini. Namun Marquez kembali sukes merebut posisi terdepan dari pembalap satelit Yamaha tersebut.

Kesalahan Marquez hingga melebar keluar lintasan membuat Johann Zarco serta rekannya Dani Pedrosa kembali mengisi barisan terdepan. Diluar dugaan, duo Ducati Lorenzo dan Dovizioso secara bersamaan tidak bisa melanjutkan balapan karena terjatuh.

Pada beberapa lap yang tersisa, Dani Pedrosa terus memberikan tekanan terhadap Johann Zarco hingga berhasil memangkas jarak antara keduanya. Pengalaman serta kematangan Pedrosa terbayarkan dengan sebuah overtake cantik pada lap terakhir yang mengantarkan pembalap Honda ini meraih podium satu di Valencia.

Sementara Maverick Vinales yang finish di posisi ke-12 menutup musim 2017 dengan perolehan total poin 230. Pembalap yang baru saja membela Yamaha bersama Valentino Rossi tersebut berhak mendapatkan posisi ketiga pada klasemen akhir musim 2017.

About Author

Founder Gomotogp.id sekaligus masih aktif mengelola beberapa personal blog hingga kini. Sebelumnya pernah bergabung bersama Droidlime.com.