News

Balapan MotoGP Aragon 2017: Marc Marquez Buyarkan Mimpi Lorenzo Raih Podium Pertama

Balapan MotoGP Aragon 2017: Marc Marquez Buyarkan Mimpi Lorenzo Raih Podium Pertama

Pembalap Repsol Honda yaitu Marc Marquez sukses merebut podium utama pada gelaran MotoGP putaran ke-14 seri Aragon yang baru saja digelar. Tambahan 25 angka membuatnya kini bertahan sebagai pemuncak klasemen sekaligus menambah jarak 7 poin dengan rival terdekatnya, Andrea Dovizioso.

Tidak mudah bagi sang juara dunia bertahan untuk meraih kemenangan di Aragon. Mengawali start dari urutan ke-5, Marquez sempat tertahan di posisi ke-4 bersama dengan Valentino Rossi dan Andrea Dovizoso. Bahkan pemenang Grand Prix Misano tersebut sempat melebar dalam upayanya menyalip dua pembalap sekaligus dari sisi dalam lintasan.

Beruntung ia bisa kembali lagi ke posisinya dan perlahan mulai melewati satu per satu lawan hingga tiba gilirannya di belakang Lorenzo. Tidak butuh waktu lama bagi dirinya untuk mengovertake kompatriotnya tersebut dan melepaskan diri dari kejaran Por Fuera.

Jorge Lorenzo sendiri yang tampil begitu cepat semenjak awal perlombaan, harus mengubur impiannya dalam-dalam untuk menjadi pemenang lomba. Mantan pembalap Yamaha tersebut harus puas dengan podium ketiga setelah kalah dari Marquez dan Pedrosa.

Selain itu kemenangan Honda juga bertambah lengkap dengan raihan Dani Pedrosa yang sukses menyabet podium kedua pada race kali ini. Kebahagiaan pembalap bertubuh mungil tersebut tidak berhenti sampai disitu saja lantaran berhasil menggeser posisi klasemen milik Valentino Rossi.

Maverick Vinales gagal memanfaatkan peluang manis saat dirinya mngawali start dari posisi pole. Pembalap Yamaha Movistar tersebut kurang apik dalam melakukan akselerasi dan posisinya melorot. Bahkan sempat tertahan di tempat ke-7 sebelum akhirnya bisa mengejar ketertinggalan dan finish di urutan keempat.

Sementara itu Valentino Rossi yang tampil dalam keadaan cidera juga tidak bisa maksimal. Meski tampil impresif pada awal-awal lap, pembalap asal Italia tersebut akhirnya tidak bisa berbuat lebih banyak lagi. Terlihat dari gaya balapnya yang mudah sekali diovertake oleh Pedrosa dan Vinales. Kendati demikian perjuangan beratnya untuk menyelesaikan balapan MotoGP Aragon layak mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Penampilan mengejutkan lainnya datang dari Aleix Espargaro yang sukses mengkudeta posisi Andrea Dovizioso. Sempat melebar jelang bubarnya pertandingan, jagoan tim Aprilia tersebut berhasil finish di posisi keenam dan memaksa Dovizioso finish ketujuh. Begitu juga dengan Alvaro Bautista yang menuntaskan lomba di urutan kedelapan.

Pabrikan KTM kembali mendulang hasil positif lewat pembalapnya, Pol Espargaro yang mampu finish di urutan ke-10 dengan mengalahkan rider wildcard KTM yakni Mika Kalio.

About the author

Ponang Pramukta

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.