News

Balapan MotoGP Malaysia: Andrea Dovizioso Juara di Sepang, Marquez Keempat

Balapan MotoGP Malaysia: Andrea Dovizioso Juara di Sepang, Marquez Keempat

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso kembali menuai hasil menakjubkan kala memenangi balapan MotoGP Malaysia hari ini. Melibas lintasan basah sirkuit Sepang, rider Italia tersebut finish di urutan pertama mengungguli rekan setimnya yakni Jorge Lorenzo dan Rookie of The Year musim ini, Johann Zarco.

Berkat kemenangan tersebut, bisa dipastikan bahwa gelar juara dunia di musim ini akan ditentukan pada race akhir di seri Valencia nanti. Hal ini dikarenakan Marc Marquez yang memuncaki klasemen sementara gagal memenuhi syarat finish kedua untuk bisa langsung mengunci gelar keempatnya.

Juara dunia bertahan musim lalu tersebut hanya mampu menyelesaikan balapan di urutan keempat, didepan rekan setimnya sekaligus peraih pole position GP Sepang yakni Dani Pedrosa. Meski memiliki laju awal yang bagus, Marquez tidak kuasa menandingi kecepatan Dovizioso diatas Desmosedicinya dan harus kalah pada lap ke-5.

Sementara itu tidak hanya kecepatan tunggangan milik Dovizioso dan Lorenzo saja yang mampu tampil diatas angin. Pembalap satelit Ducati, Danilo Petrucci juga sukses meraih hasil apik dengan menembus garis finish di urutan ke-6.

Petrucci sukses mengungguli rekan senegaranya sekaligus pemegang gelar 9 kali, Valentino Rossi yang lagi-lagi tidak bisa berbicara banyak di lintasan basah. Begitu juga dengan tandem Rossi yaitu Maverick Vinales yang kali ini hanya mampu menyelesaikan lomba di posisi ke-9.

Jelas saja hasil tersebut membuat Vinales terlempar dari perebutan gelar juara dunia di musim ini. Padahal di awal musim Yamaha dan Vinales begitu digdaya dan digadang-gadang sebagai calon terkuat peraih gelar juara dunia.

KTM sekali lagi menunjukkan progres yang positif melalui pembalap mereka yaitu Pol Espargaro dengan menempati finish di urutan 10. Prestasi pembalap Spanyol tersebut diikuti oleh tandemnya sendiri, Bradley Smith di posisi ke-12.

Michael Van der Mark akhirnya mampu menuntaskan balapan MotoGP diatas motor YZR-M1 pada race Sepang kali ini. Bertindak sebagai pengganti Jonas Folger yang divonis menderita virus Epsteinn-Barr, pembalap berketurunan Indonesia tersebut menembus garis finish di urutan ke-16.

About the author

Budi Kurniawan

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.