Balapan MotoGP Jepang 2017: Kalahkan Marquez, Andrea Dovizioso Sabet Podium Utama

0

Pos

Pembalap

Tim

1Andrea DOVIZIOSODucati Team
2Marc MARQUEZRepsol Honda
3Danilo PETRUCCIOCTO Pramac Racing
4Andrea IANNONESUZUKI ECSTAR
5Alex RINSSUZUKI ECSTAR
6Jorge LORENZODucati Team
7Aleix ESPARGAROAprilia Racing Team
8Johann ZARCOYamaha Tech 3
9Maverick VI√ĎALESMovistar Yamaha
10Loris BAZReale Avintia Racing
11Pol ESPARGARORed Bull KTM
12Katsuyuki NAKASUGAYamalube Yamaha
13Sam LOWESAprilia Racing Team
14Hector BARBERAReale Avintia Racing
15Tito RABATEG 0,0 Marc VDS
16Scott REDDINGOCTO Pramac Racing
17Bradley SMITHRed Bull KTM
18Hiroshi AOYAMAEG 0,0 Marc VDS
DNFAlvaro BAUTISTA Aspar Team
DNFDani PEDROSARepsol Honda
DNFKarel ABRAHAMAspar Team
DNFCal CRUTCHLOWLCR Honda
DNFValentino ROSSIMovistar Yamaha
DNFKohta NOZANEYamaha Tech 3

Pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso berhasil melakukan comeback terbaiknya dengan menjadi pemenang balapan MotoGP Jepang yang digelar di sirkuit Motegi. Rider berpaspor Italia tersebut juga sekali lagi membuktikan kecerdikannya lewat duel head to head melawan rival terberatnya di klasemen, Marc Marquez.

Derasnya guyuran hujan yang membasahi lintasan Motegi ternyata tidak menyurutkan langkah Andrea Dovizioso dan Marc Marquez berduel hingga lap-lap akhir. Pertarungan ketat antar pembalap dari dua manufactur yang berbeda tersebut menjadi warna tersendiri pada gelaran balap MotoGP Jepang.

Marc Marquez yang tampil perkasa harus berulang kali melakukan manuver berbahaya demi bisa mengungguli Andrea Dovizioso diatas tunggangannya Desmosedici GP17. Namun sayang, pembalap asal Spanyol tersebut melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat jaraknya dengan Dovizioso menjadi dekat.

Merasa memiliki keunggulan dengan power motornya, Dovizioso langsung tancap gas dan berhasil mengovertake Marquez di tikungan ke-11.

Marquez pun tidak tinggal dan mencoba menggedor sisi pertahanan lawannya tersebut dengan sebuah percobaan di tikungan akhir. Tentu saja Dovizioso mengenal betul karakter Marquez yang akan bertarung sampai titik darah penghabisan, dan sekali lagi pembalap asal Italia tersebut menggunakan kecerdikannya untuk mengalahkan Marquez. Hal yang serupa dengan duel keduanya di MotoGP Austria beberapa waktu lalu.

Pesta tim Ducati pun lengkap dengan hadirnya pembalap satelit mereka, Danilo Petrucci yang sukses meraih podium ketiga. Sempat unggul di awal laga, rider berjuluk Petrux tersebut mulai kedodoran di akhir lomba.

Sementara itu tim Suzuki juga berhasil mendapatkan hasil terbaiknya di musim ini melalui dua rider mereka yaitu Andrea Iannone yang finish di posisi kelima dan Alex Rins di urutan keenam.

Pabrikan Aprilia juga akhirnya sukses mengatasi kekejaman karakter sirkuit Stop and Go Motegi dengan menembus garis finish di posisi ke-7. Tampil konsisten semenjak hari pertama, tim asal Italia tersebut lagi-lagi mampu kembali masuk di posisi 10 besar lewat pembalap mereka yaitu Aleix Espargaro.

Peraih pole position Grand Prix Motegi yakni Johann Zarco akhirnya tidak bisa berbuat banyak pada sesi race. Pembalap asal Prancis tersebut gagal tampil maksimal dan harus puas selesai di tempat ke-8.

Pabrikan Yamaha benar-benar menjadi korban dari keganasan sirkuit Motegi. Bagaimana tidak, kedua pembalap mereka yakni Maverick Vinales dan Valentino Rossi gagal mendulang hasil positif. Vinales boleh dibilang memiliki nasib yang lebih mujur dengan meraih finish ke-9, sementara tandemnya Rossi harus terjatuh ketika balapan baru beranjak enam lap.

Dengan selesainya balapan di Jepang, maka hanya ada 3 pembalap dari 3 pabrikan berbeda yang memiliki peluang untuk memperebutkan mahkota gelar di musim ini yakni Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.