News

Balapan MotoGP Italia 2017: Kemenangan Dramatis Marc Marquez di Misano

Hasil Balapan MotoGP Italia 2017: Kemenangan Dramatis Marc Marquez di Misano

Balapan MotoGP Misano, Italias 2017 seri yang berjalan dalam kondisi ‘wet race’ berhasil dimenangkan oleh pembalap dari tim Repsol Honda, Marc Marquez. Sempat mengalami masalah pada tunggangannya, sang juara bertahan akhirnya keluar sebagai pemenang lomba usai menunggu cukup lama di belakang Danilo Petrucci.

Kemenangan tersebut tentu menjadi nilai yang berarti bagi diri Marc Marquez. Tambahan 25 poin membuat namanya kini sejajar dengan Andrea Dovizioso dengan sama-sama mengantongi 199 angka.

Penampilan apik ditunjukkan oleh rider tuan rumah Danilo Petrucci. Mengawali balapan dari posisi kurang ideal, Petrucci mampu perlahan naik sedikit demi sedikit hingga akhirnya tiba sebagai pemimpin lomba. Namun sayang sedikit kesalahan jelang berakhirnya lomba membuatnya mudah dijangkau oleh Marc Marquez.

Rider tuan rumah lainnya yaitu Andrea Dovizioso cukup puas dengan hasil akhir balapan. Sempat bertarung di kelompok terdepan, Dovizioso akhirnya memilih untuk mempertahankan racing linenya dan finish di posisi ke-3.

Hujan yang mengguyur lintasan Misano akhirnya menggagalkan kans Maverick Vinales untuk membawa tim Yamaha juara. Start dari posisi pole, rekan satu tim Valentino Rossi tersebut justru terseok-seok dan akhirnya finish di urutan ke-4 atau lebih lamban 16 detik dari Marc Marquez.

Hasil positif tim Ducati juga diraih melalui tes rider mereka, Michele Pirro. Pembalap yang mendapatkan jatah wildcard terakhir tersebut berhasil finish di posisi ke-5 setelah melakukan overtake kepada rider tim Marc VDS Jack Miller.

Untuk kedua kalinya pembalap tim Suzuki sekaligus rookie MotoGP Alex Rins kembali meraih hasil yang positif usai menyelesaikan lomba di posisi ke-8, sementara rekan satu timnya yaitu Andrea Iannone lagi-lagi berstatus Did Not Finish.

Hasil Balapan MotoGP Italia 2017

PosPembalapTim
1Marc MARQUEZRepsol Honda
2Danilo PETRUCCIOCTO Pramac Racing
3Andrea DOVIZIOSODucati Team
4Maverick VINALESMovistar Yamaha
5Michele PIRRODucati Team
6Jack MILLERMarc VDS
7Scott REDDINGOCTO Pramac
8Alex RINSSUZUKI ECSTAR
9Jonas FOLGERYamaha Tech 3
10Bradley SMITHRed Bull KTM
11Pol ESPARGARORed Bull KTM
12Alvaro BAUTISTAAspar Team
13Cal CRUTCHLOWLCR Honda
14Dani PEDROSARepsol Honda
15Johann ZARCOYamaha Tech 3
16Loris BAZReale Avintia Racing
17Karel ABRAHAMAspar Team
Not ClassifiedTito RABATMarc VDS
-Andrea IANNONESUZUKI ECSTAR
-Sam LOWESAprilia Gresini
-Aleix ESPARGAROAprilia Gresini
-Hector BARBERAAvintia Racing
-Jorge LORENZODucati Team
Lintasan sirkuit Misano yang licin turut menyeret beberapa pembalap keluar arena, diantaranya seperti Jorge Lorenzo, Hector Barbera, Aleix Espargaro, Sam Lowes, Andrea Iannone, serta rider yang terakhir terjatuh Tito Rabat.

Dengan sisa lima race lagi kedepan maka masih ada 125 poin yang bisa diperebutkan oleh tiga pembalap di klasemen teratas yakni Marc Marquez, Andrea Iannone, serta Maverick Vinales. Sementara untuk Valentino Rossi sendiri masih diragukan keikutsertaanya dalam race MotoGP Aragon.

About the author

Adheens San

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.