Balapan MotoGP Australia 2017: Kalahkan Rossi-Vinales, Marc Marquez Raih Podium Pertama

0

No

Pembalap

Tim

1Marc Marquez Repsol Honda
2Valentino Rossi Movistar Yamaha
3Maverick ViƱales Movistar Yamaha
4Johann Zarco Yamaha Tech3
5Cal CrutchlowLCR Honda
6Andrea IannoneSuzuki Ecstar
7Jack Miller EG 0,0 Marc VDS
8Alex Rins Suzuki Ecstar
9Pol EspargaroRed Bull KTM
10Bradley SmithRed Bull KTM
11Scott ReddingOcto Pramac
12Dani PedrosaRepsol Honda
13Andrea Dovizioso Ducati Team
14Karel Abraham Pull&Bear Aspar
15Jorge LorenzoDucati Team
16Tito RabatEG 0,0 Marc VDS
17Alvaro BautistaPull&Bear Aspar
18Loris BazReale Avintia
19Sam Lowes Aprilia Gresini
20Hector BarberaReale Avintia
21Danilo PetrucciOcto Pramac
22Broc Parkes Yamaha Tech3
DNFAleix EspargaroAprilia Gresini

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil menjadi pemenang MotoGP Australia dengan mengalahkan duet tim Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales di sirkuit Phillip Island. Sementara itu rival terdekat Marquez di klasemen, Andrea Dovizioso gagal meraih hasil apik lantaran finish di posisi 13.

Race MotoGP Australia kali ini boleh dibilang menjadi satu-satunya balapan terbaik di sepanjang musim 2017. Pasalnya dari awal race hingga akhir balapan, seluruh mata penonton tertuju pada aksi saling overtake yang dipertunjukkan oleh para pembalap. What a great show !

Seri Australia juga menjadi laga comeback bagi tim Yamaha setelah pada beberapa balapan terakhir gagal mendulang hasil maksimal. Valentino Rossi yang start dari posisi ketujuh mampu tampil impresif melawan beberapa pembalap yang usianya lebih muda dari dirinya.

The Doctor bahkan sempat menjadi pemimpin balapan sebelum akhirnya harus dipaksa mengakui kedigdayaan dari Marc Marquez. Beruntung Rossi bisa menuntaskan balapan dan finish di posisi kedua. Adapun hasil positif juga diterima tandemnya, Maverick Vinales yang sukses menyegel podium ketiga.

Rookie MotoGP, Johann Zarco berhasil meraih finish keempat setelah sempat berduel dengan beberapa pembalap lainnya di rombongan terdepan.

Hasil bagus lainnya juga diraih oleh Andrea Iannone yang kembali bisa menuntaskan lomba di posisi 10 besar. Rider asal Italia tersebut berhasil finish di urutan 6 atau tepatnya di belakang Cal Crutchlow yang juga tampil begitu trengginas.

Sebuah tepuk tangan saja rasanya tidak cukup untuk menggambarkan betapa heroiknya aksi pembalap tuan rumah, Jack Miller yang akhirnya finish di posisi ke-7. Beraksi dengan kondisi kaki yang cidera, Miller sempat menjadi pemimpin lomba dan juga meladeni pertempuran melawan Marquez, Vinales, serta Rossi.

Alex Rins lagi-lagi melengkapi kebahagiaan tim Suzuki setelah berhasil finish di urutan kedelapan. Demikian juga dengan raihan positif yang diterima oleh duet tim KTM, Pol Espargaro dan Bradley Smith yang menuntaskan balapan di urutan 9 serta 10.

Sirkuit Phillip Island kali ini menjadi arena yang angker bagi kubu Ducati. Bagaimana tidak, tim asal Italia tersebut gagal mendulang hasil yang bagus. Dimulai dari Dovizioso yang terlempar dari 10 besar, lalu Lorenzo di posisi ke-15, Bautista dan Loris Baz di tempat ke-17 dan 18, serta Danilo Petrucci di urutan 21.

Aleix Espargaro menjadi satu-satunya pembalap yang meraih status DNF (Did Not Finish) pada race kali ini. Sempat menuai hasil yang bagus di sesi latihan bebas, Dewi Fortuna nyatanya tak menyertai langkah pembalap asal Spanyol tersebut hingga akhirnya terjatuh di tikungan 1.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.