Aspal Baru Sirkuit Le Mans Siap Digunakan Untuk Musim Depan

0

Baru–baru ini pihak promotor sirkuit Le Mans Bugatti mengumumkan telah selesai melakukan renovasi pada permukaan aspal lintasan mereka. Beberapa aspal lama yang berusia kurang lebih 10 tahun telah diperbaharui agar menghasilkan grip yang lebih baik untuk ban pembalap.

Renovasi tersebut dilakukan untuk memperbaiki benjolan–benjolan atau permukaan yang tidak rata sehingga tidak lagi mengganggu para pembalap saat beradu cepat di lintasan. Martin Goureau selaku Pihak yang menangani Keamanan Sirkuit menjelaskan bahwa renovasi ini dilakukan setelah beberapa pembalap mengeluhkan kurangnya grip pada aspal.

“Perbaikan sirkuit telah usai dilakukan dan beberapa perubahan telah kami lakukan. Contohnya saja tikungan Dunlop yang saat balapan kemarin banyak dikeluhkan oleh para pembalap karena muncul benjolan telah berhasil kita atasi.”

“Permukaan aspal yang lama juga telah kami perbarui sehingga grip pada ban semakin bagus. Pengujian juga telah dilakukan bersama pembalap kami Damien Saulnier diatas GSX-RR. Hasilnya di tikungan Chapel saat lintasan basah para pembalap hanya mampu menggeber motor mereka maksimal 70km/jam saja, namun sekarang kita mampu menyentuh 110km/jam” ucap Martin melalui paddock-gp.

Sirkuit Le Mans sendiri merupakan salah satu sirkuit paling bersejarah di kelas MotoGP. Dibangun pada tahun 1965 dan telah beberapa kali dilakukan renovasi, terakhir pada tahun 2008. Valentino Rossi menjadi pemenang terbanyak saat sirkuit tersebut masuk dalam kalender MotoGP.

Sirkuit kebanggaan warga Perancis tersebut menekankan para pembalap untuk melakukan late braking didukung akselerasi motor yang mumpuni. Musim 2016 Marc Marquez gagal mendulang point di sirkuit tersebut lantaran mengalami lowside bersama Andrea Dovizioso.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.