Aprilia Dan Suzuki Perkenalkan Wujud Fairing Mereka, Honda & Ducati Masih Membisu

0

Dua tim pabrikan yakni Aprilia serta Suzuki memperkenalkan wujud fairing terbaru mereka pada sesi ujicoba hari kedua yang baru saja selesai digelar. Sebelumnya, Yamaha menjadi tim pertama yang mengumumkan bentuk fairing non winglet dan juga telah dianggap sah oleh Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge.

Aldridge juga menambahkan bahwa setiap tim memang tidak diperkenankan untuk memasang perangkat yang menonjol pada fairing sepeda motor, namun sebagai gantinya setiap tim boleh memodifikasi bentuk guna mendapatkan efek aerodinamis. Selain itu, update bentuk fairing juga hanya boleh dilakukan sekali saja selama musim balap bergulir.

Sama dengan apa yang telah diterapkan oleh Yamaha, bentuk fairing dari kuda besi RC-GP tersebut memiliki dua buah lubang besar di kedua sisi motor yang berfungsi untuk menyalurkan udara serta terletak pada bagian depan stang motor.

Penggunaan winglet terbaru tersebut tampaknya berdampak positif pada torehan waktu pembalapnya yakni Aleix Espargaro. Pembalap asal Negeri Matador tersebut mampu bercokol pada posisi keenam dengan 1 menit 29,501 detik, jauh berbeda dengan hasil pada hari pertama dimana ia hanya terpatok di posisi ke-14.

Sementara itu tim Suzuki juga tidak mau ketinggalan untuk mengikuti jejak Yamaha dan Aprilia. Desain fairing milik tim Hamamatsu tersebut hampir sama dengan milik Aprilia, serta letaknya berada di atas roda depan.

Dengan sisa satu hari tes ujicoba putaran kedua di Philip Island, beberapa tim seperti Ducati, Honda, serta KTM masih terlihat membisu terkait wujud fairing yang akan mereka perkenalkan ke publik.

About Author

Selain di menulis Gomotogp.id juga bekerja disalah satu perusahaan swasta.