Andrea Dovizioso Menilai Perubahan Tikungan Akhir Sirkuit Catalunya Tetap Berbahaya

0

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso menjelaskan bahwa performa timnya di musim 2017 ini masih jauh dari kata menang. Pernyataan tersebut ia lontarkan pasca mengikuti tes tertutup di sirkuit Catalunya, Barcelona.

Dari 13 nama rider yang berpartisipasi, pembalap asal Italia tersebut hanya berhasil menjadi pembalap tercepat ke-6 semenjak dimulainya sesi ujicoba dari hari Senin hingga Rabu. Kendati demikian, Dovi menilai ban berkonstruksi kaku yang dibawa oleh Michelin berjalan dengan bagus.

“Catatan waktu putaran saya memang agak lamban bila dibandingkan dengan pembalap lainnya, namun dengan menggunakan ban bertekstur keras kecepatan saya cukup bagus. Tapi tetap saja masalah tersebut seperti musim-musim sebelumnya. Kita tidak akan bisa memperjuangkan kemenangan.” ujar Dovizioso seperti dilaporkan oleh crash.net.

“Penting bagi Ducati untuk melakukan tes disini, karena bagaimanapun juga dalam beberapa tahun kami banyak berjuang dengan keras di Barcelona. Ketika kondisi lintasan berubah menjadi panas, grip pada ban justru melemah. Konsumsi ban begitu tinggi terutama pada bagian belakang.” sambungnya.

Dalam sesi ujicoba tertutup tersebut, selain para pembalap bisa mencoba lebih awal penggunaan ban berkonstruksi keras milik Michelin lebih awal, para pembalap juga mencoba beradaptasi dengan perubahan layout di sirkuit Catalunya.

Namun bukan komentar positif yang terlontar dari para pembalap, justru sebaliknya. Dovi misalnya, menilai bahwa tikungan pendek tersebut membuat pembalap bisa saja dengan sengaja memotong jalur.

“Tidak menyenangkan untuk dilalui, namun memang lebih aman jika dibuat seperti itu. Namun saya tetap tidak senang karena pembalap juga mudah mengalami kecelakaan ataupun memotong trotoar, baik dari sisi kiri ataupun kanan. Saya pikir kita perlu membicarakannya kembali karena akan banyak terjadi insiden seperti itu.” tandas rekan satu tim Jorge Lorenzo di garasi Ducati Corse.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.