Alasan Kenapa Fairing Yamaha Dianggap Legal

0

Salah satu aturan ketat yang dikeluarkan oleh pihak penyelenggara MotoGP di musim 2017 ini adalah pelarangan winglet untuk semua pabrikan. Alasannya jelas, yaitu soal keselamatan para pembalap saat beradu cepat ditikungan.

Pasalnya, Winglet yang digunakan musim lalu memiliki bentuk yang sangat menonjol. Hal ini bisa kita lihat pada penampakan winglet di atas motor desmosedici milik Ducati. Bentuk sayap yang kentara tersebut dinilai dapat menimbulkan turbulensi saat para rider memasuki tikungan dan saling overtaking.

Meski belum ada insiden yang disebabkan oleh winglet tersebut, namun penyelenggara teknis MotoGP mengambil langkah preventif untuk kemudian melarang penggunaannya di musim ini.

Akan tetapi, winglet hanyalah salah satu dari sekian banyak teknologi aerodinamis yang fungsinya untuk menjaga kestabilan motor saat melaju dan melawan angin. Artinya pelarangan winglet bukan berarti pelarangan teknologi aerodinamis pada motor.

Celah inilah yang dimanfaatkan Yamaha untuk menciptakan fairing pada motor YZR-M1 milik Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Fairing tersebut sudah digunakan tim movistar yamaha dalam tes pramusim Sepang beberapa waktu lalu.

Pihak penyelenggara melalui Direktur teknik MotoGP yakni Danny Aldridge pun berkomentar atas tampilan fairing milik tim garpu tala tersebut. Menurutnya yamaha sudah mengerti tentang maksud dari penggunaan “sayap” yang dilegalkan di MotoGP.

“Fairing yang digunakan yamaha tidak menonjol seperti halnya winglet di musim lalu. Inilah yang kami inginkan dari semua pabrikan. Dan yamaha telah menunjukkannya. Fairing seperti ini yang kami inginkan dan legal digunakan di atas lintasan”, ungkap Aldridge dilansir dari crash.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.