Akankah Honda Kembali Mendominasi Sachsenring?

0

MotoGP seri ke-sembilan akan kembali digelar pada akhir pekan ini. Jerman akan menjadi tuan rumah lewat trek Sachsenring yang dalam enam tahun terakhir selalu di dominasi oleh pembalap Honda. Terhitung ada enam kali kemenangan yang dicatat oleh Dani Pedrosa serta lima kali juara oleh Marc Marquez di berbagai kelas pada sirkuit Jerman tersebut.

Dani Pedrosa dua kali menjuarai kelas 250cc dan empat kali di kelas MotoGP di sirkuit dengan panjang lintasan 3,671 KM tersebut. Sementara Marc Marquez menang satu kali dikelas 125cc, dua kali dikelas 250cc dan tiga kali di kelas MotoGP.

Sejak 2010 Honda selalu menjadi bintang di sirkuit Jerman ini. Dengan track record yang sangat baik itu, tidak menutup kemungkinan tahun ini Honda akan kembali menjadi raja baik lewat Marquez ataupun Pedrosa.

Apalagi saat ini Marquez sedang memimpin klasemen MotoGP dengan total 145 poin (unggul 24 poin dari Lorenzo dan 42 poin dari Rossi). Dengan demikian pembalap repsol honda tersebut memiliki motivasi yang sangat besar untuk meraih kemenangan di trek yang paling bersejarah bagi Honda ini.

Lalu mampukah Marquez meraih podium satu dan kembali mengamankan 25 poin untuk kejuaraan? Strategi apa yang akan dilakukan Rossi serta langkah apa yang akan diambil Lorenzo untuk membendung eksistensi Honda? Kita tunggu saja dalam GP Jerman yang akan berlangsung pada Minggu 17 Juli pekan ini.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.