Giacomo Agostini Puncaki Daftar Peraih Fastest Lap Terbanyak

0

Ajang kejuaraan Grand prix balap motor yang dimulai sejak tahun 1949 dan diselenggarakan oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) telah menghasilkan pembalap–pembalap bertalenta. Rekor demi rekor pun tercipta diantaranya seperti rekor fastest lap, juara grand prix termuda, maupun jumlah pemegang gelar terbanyak sepanjang masa.

Adalah Giacomo Agostini yang masih menduduki posisi teratas untuk beberapa rekor sampai saat ini. Untuk rekor juara dunia terbanyak masih menjadi miliknya dengan total raihan 15 kali juara. Di urutan kedua ada pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi yang telah mengemas 9 kali juara dunia.

Begitu juga untuk rekor fastest lap, Agostini masih memimpin dengan 117 kali. Lagi–lagi Valentino Rossi ada di posisi kedua dengan meraih 95 kali fastest lap. Para pembalap Italia tersebut diikuti oleh pembalap berkebangsaan Inggris yakni Angel Nieto yang telah meraih 81 kali, Mike Hailwood 79 kali dan juga pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa dengan 62 kali.

10 Pembalap Peraih Fastest Lap Terbanyak Dari Tahun 1949 – 2016

No Nama Negara Fastest Lap
1 Giacomo Agostini Italia 117
2 Valentino Rossi Italia 95
3 Angel Nieto Spanyol 81
4 Mike Hailwood Inggris 79
5 Dani Pedrosa Spanyol 62
6 Marc Marquez Spanyol 50
7 Mick Doohan Australia 46
8 Max Biaggi Italia 42
9 Phill Read Inggris 36
10 Jorge Lorenzo Spanyol 35

Sementara itu untuk bintang MotoGP yang saat ini tengah bersinar Marc Marquez ada di posisi keenam. Di usianya yang ke 23 tahun saat ini ia sudah membukukan 50 kali fastest lap. Rekan senegaranya sekaligus pemenang GP Valencia lalu yakni Jorge Lorenzo juga berhasil menjadi 10 besar sebagai pembalap dengan raihan fastest lap terbanyak.

About Author

Selain saat ini aktif menulis di Gomotogp.id, juga menyalurkan hobi menulis melalui personal blog.