Absen 4 Dekade, MV Agusta Bersiap Rujuk Kembali di Musim 2018

0

Lebih dari 40 tahun lamanya menjauh dari hingar bingar kejuaraan MotoGP, pabrikan asal Italia yakni MV Agusta dikabarkan segera kembali merapat pada musim 2018 mendatang. Namun sebelum benar-benar bergabung ke kompetisi para raja, pabrikan yang pernah berjaya selama 15 tahun tersebut terlebih dahulu menyasar ke ajang Moto2.

Dilansir dari GP one, pabrikan MV Agusta bakal berkolaborasi dengan tim asal Swis yaitu Forward Racing setelah masing-masing pemilik dari kedua belah pihak telah menyetujui kerjasama. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, tim Forward dan MV Agusta juga nantinya terlibat langsung dalam sebuah pengembangan bersama untuk membawa kembali ke puncak kejuaraan dunia.

Petunjuk mengenai kembalinya pabrikan tersebut sudah terlihat kala tim Forward Racing mempresentasikan livery spesial untuk seri Misano. Dua kelir warna merah dan abu-abu yang terinspirasi dari era kejayaan MV Agusta menghiasi motor milik Luca Marini dan Lorenzo Baldassarri.

MV Agusta terakhir kali meraih kemenangan pada tanggal 29 Agustus tahun 1976 di Grand Prix seri Nurburgring Jerman melalui rider yang juga menjadi brand ambasador merek tersebut, Giacomo Agostini. Kemudian masih di tahun yang sama pabrikan MV Agusta memutuskan untuk pensiun dari kompetisi, sebelum akhirnya memutuskan rujuk dibawah manajemen Giovanni Castiglioni.

Pada tahun 2013 yang lalu, MV Agusta turut ambil bagian dalam kejuaraan WSBK dengan menggaet Leon Camier. Kemudian di ajang Supersport mereka akhirnya mendulang kemenangan di tahun 2014 melalui Jules Cluzel.

Sedikit flashback, manufactur Italia tersebut mampu berbicara banyak di masa silam tepatnya pada tahun 1952 hingga 1967 yang menjadi era keemasan mereka. Dalam kurun waktu 15 tahun tersebut, pabrikan MV Agusta telah mengoleksi 37 gelar pabrikan, 38 gelar pembalap, dan menuntaskan 275 balapan mulai dari kelas 125cc, 250cc, 350cc serta 500cc.

Selain itu, banyak pembalap hebat yang turut berjasa melambungkan nama MV Agusta dimulai dari Giacomo Agostini, Mike Hailwood, Phil Read, Carlo Ubbiali, Gary Hocking, dan John Surtess.

Patut dinantikan bagaimana kiprah MV Agusta untuk kembali menapaki jalur demi jalur kemenangan di kompetisi Moto2 musim depan. Andai mendulang kesuksesan, bukan tidak mungkin mereka akan melebarkan sayap di kelas MotoGP bersanding dengan dua pabrikan Italia lainnya yakni Aprilia dan Ducati yang telah terlebih dahulu mengeyam persaingan.

About Author

Tertarik dan menekuni dunia web sejak 6 tahun lalu, selain menulis ia bertanggung jawab penuh dengan teknis website Gomotogp.id.