6 Rider Yang Akan Bersinar di Tahun 2017 Versi GoMotoGP

0

Usai sukses memunculkan 9 pemenang di musim 2016, kompetisi balapan MotoGP jelas akan menghadirkan kemajemukan yang jauh lebih berwarna lagi di tahun 2017 nanti. Tribun kemenangan akan semakin sempit terlebih dengan adanya 12 tim yang siap menghiasi line up tahun 2017.

Hampir semua percobaan telah dirampungkan di tahun 2016, itu artinya musim mendatang sebagian besar tim dan rider akan tampil dengan performa yang maksimal. Michelin sudah beradaptasi dengan baik, untuk musim depan kiranya pemasok ban asal Perancis ini sanggup menyediakan ban yang paling mumpuni untuk disandingkan dengan motor-motor para rider.

Begitu pun untuk kondisi tim dan pembalap. Meski KTM masih terbilang baru, namun kapasitas Pol Espargaro dan Bradley Smith di kelas MotoGP jelas tak bisa dikatakan baru. Pun demikian hal nya dengan para rookie yang baru saja naik dari kelas Moto2 seperti Alex Rins, Jonas Folger, Johann Zarco serta Sam Lowes. Debut awal mereka akan berjalan bersama tim yang tak bisa diragukan lagi pengalamannya di kelas MotoGP.

Pertarungan musim depan tentu akan sangat menarik. Semangat baru dari para rider kemungkinan besar akan melunturkan dominasi pembalap papan atas semisal Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Jorge Lorenzo.

Lalu siapa saja rider yang akan bergantian menduduki podium kemenangan dan menyita perhatian publik di tahun 2017 nanti? Inilah ke-6 rider yang akan bersinar di musim depan versi GoMotoGP…

1. Maverick Vinales

Maverick Vinales sudah dipastikan mendapat sorotan di tengah kompetisi adu cepat dan ketangkasan di atas lintasan nanti. Berbekal motor YZR-M1 keberadaan dirinya di barisan depan akan sangat besar.

Setelah Yamaha berhasil “membajak” Vinales dari garasi Suzuki, bisa dipastikan bahwa rider berjuluk top gun tersebut akan senantiasa mendapat tempat yang lapang dan terang dari kru dan tim garpu tala.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa rider yang akan bertandem dengan Valentino Rossi ini punya visi merebut gelar juara dunia dari genggaman Marc Marquez. Vinales sukses menyelesaikan tugas akhir bersama Suzuki dengan sangat gemilang.

Memborong empat podium termasuk satu kali kemenangan bersama Suzuki menjadikannya rider potensial di musim 2017 mendatang. Jika dengan suzuki, Vinales mampu beradu kecepatan, kenapa tidak dengan yamaha. Mari kita nantikan !

2. Andrea Iannone

Begitu didepak dari Ducati, Andrea Iannone langsung mendapat payung yang siap menaungi bakat dan potensinya paling tidak untuk dua musim mendatang. Lewat uluran tangan Davido Brivio, the Maniac mendapat tempat yang spesial di dalam garasi Suzuki.

Memang benar bahwa Suzuki harus kembali me-restart ulang semua data yang telah mereka kumpulkan bersama Vinales dan Aleix Espargaro selama kurang lebih dua tahun. Akan tetapi, dengan kehadiran Andrea Iannone yang bisa dibilang berpengalaman, data-data itu hanya perlu disesuaikan lagi dengan gaya membalap dan kebutuhan Iannone di atas lintasan.

Iannone akan melejit lebih cepat lagi jika racikan data itu tepat dan sesuai. Agresifitasnya di atas sirkuit akan membawa warna baru bagi Suzuki, dan tentu saja perhatian publik yang akan meroket.

3. Andrea Dovizioso

Karir balap Dovizioso bisa dikatakan akan makin mencorong di tahun 2017 nanti. Pasalnya, Rider Ducati ini bisa menunjukkan performa terbaiknya jika rekan satu timnya tampil kompetitif.

Kita tentu ingat bagaimana perbedaan signifikan dari penampilan Dovizioso dengan dan tanpa kehadiran Iannone di atas lintasan. Jika rekannya tampil impresif, maka Dovizioso akan memacu motornya ke-titik maksimal untuk bisa bersaing bahkan finish di depan rekannya.

Di tahun 2017, kita tahu bahwa Andrea Dovizioso akan berbagi garasi dengan Jorge Lorenzo. Dengan rekan satu tim sekelas Lorenzo, tentu rider Italia tersebut akan terpacu untuk tampil seimbang di atas lintasan nanti. Ini tentu akan menjadikannya sebagai salah satu rider yang akan bersinar di musim mendatang.

4. Cal Crutchlow

Aksen British yang kental serta mimik wajah yang humoris. Itulah yang menjadi ciri khas seorang Cal Crutchlow. Tapi siapa sangka selama satu musim berlalu, Rider LCR Honda ini mampu bersaing di barisan depan bahkan sampai dua kali merebut kemenangan dalam kondisi basah dan kering.

Sirkuit Ceko dan Phillip Island menjadi saksi bisu dari penampilan sensasional Cal Crutchlow. Sukses mendulang poin yang mumpuni hingga akhir musim, Crutchlow pun menduduki peringkat tujuh di akhir klasemen 2016.

Berkaca dari performanya tersebut, tentu bukan hal yang mustahil jika musim depan suami dari Lucy Heron ini bisa tampil lebih ciamik lagi. Apalagi honda sedang melakukan rekonstruksi mesin besar-besaran. Tim Satelit jelas akan mendulang simpati publik lewat performa Cal Crutchlow nanti.

5. Marc Marquez Include Valentino Rossi

Dua rider papan yang cahayanya takkan redup di tengah persaingan musim 2017 nanti. Siapa lagi kalau bukan Marquez dan Rossi. Keduanya masih sama-sama menduduki puncak tertinggi dari perhatian publik, paling tidak sampai dengan saat ini.

Mempertahankan jelas tak segampang ketika kita mendapatkan sesuatu. Inilah yang akan dilakukan Marquez di tahun 2017 nanti. Di tengah majemuknya persaingan di atas lintasan, The Baby Alien harus mampu menunjukkan dominasinya agar tidak kehilangan tahta.

Sekalipun misalnya Marquez gagal mempertahankan gelar dan memenangi kontestasi balapan prestigius tersebut, nama seorang Marc marquez dengan nomor khas 93 masih akan tetap bersinar. Faktor usia dan kesempatan disini sangat berperan, dan publik tahu pasti akan kedua hal itu.

Disisi lain, Valentino Rossi masih akan tetap dan selalu mendapat tempat di hari para pecinta balap. Apapun hasilnya, VR46 lah juaranya. Begitu bukan?

Tahun 2017 akan menjadi bagian penting dari perjalanan akhir seroang The Doctor di ajang MotoGP. Menginjak usai yang semakin sepuh, sangat jelas bahwa sumbangsinya di balapan roda dua akan memasuki tahap penghabisan.

Walau demikian, di akhir perjalanan semacam inilah dukungan dan simpati akan mengalir deras. Sehingga jangan heran jika nama Valentino Rossi masih akan mendominasi dan menerangi panggung kompetisi di tahun 2017 ini.

About Author

Mahasiswa Akuntansi Universitas Al Azhar Indonesia.