20 Tahun Debut Dan Kiprah Rossi Dalam Arena Balap Sejak 1996

0

Hari ini, Kamis 31 Maret 2016 merupakan tahun ke-20 dari kiprah sang legenda MotoGP, Valentino Rossi terhitung sejak tanggal yang sama di tahun 1996. Kala itu Rossi memulai debut perdananya di sirkuit Shah Alam, Malaysia dalam balapan 125cc. Ia finish di posisi enam namun kemudian meraih kemenangan yang fantastis di sirkuit Brno pada tahun yang sama.

Di tahun tersebut The Doctor mengakhiri balapan dengan menempati peringkat kesembilan total klasemen. Saat itu ia membalap bersama tim Aprillia. Bersama tim asal italia tersebut talenta Rossi yang saat itu berusia 17 tahun terus berkembang dan tak bisa dianggap remeh. Tepat setahun setelah itu (1997) Ia keluar sebagai juara dunia 125cc.

Belum puas dengan kemenangan tersebut Rossi kembali menapaki arena balap dengan naik satu tingkat. Lagi-lagi bersama tim Aprillia Rossi masuk dalam pertarungan balap 250cc dan membuktikan kepiawaiannya. Ia keluar sebagai juara kedua dengan total 201 poin ketika itu (1998), dan meraih juara dunia di tahun setelahnya.

Jenjang karir dalam dunia balap terus ia tekuni, bergabung dalam dunia balap MotoGP hingga akhirnya memberikan 2 kali kemenangan bagi Honda dan 4 kali kemenangan untuk Yamaha. 20 tahun sudah Rossi berkarir di lintasan balap.

Sembilan kali juara dunia balap mulai dari kelas 125 cc, 250cc, 500cc hingga MotoGP sudah berhasil ia simpan dalam kotak kesuksesannya. The Doctor sebagai sang legenda berhasil mencatat 112 kemenangan, 211 podium, 61 pole position dan 93 kali meraih lap tercepat hingga saat ini.

Kini diusianya yang ke-37, Valentino Rossi sedang berjuang untuk melengkapi gelar juara dunia tersebut menjadi lebih sempurna. Berhasil ataupun tidak, sebutan The Legend akan tetap melekat pada dirinya atas prestasi dan pencapaian yang begitu mendunia.

About Author

Founder Gomotogp.id sekaligus masih aktif mengelola beberapa personal blog hingga kini. Sebelumnya pernah bergabung bersama Droidlime.com.